Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Logo Carrefour di pita perekat kemasan di supermarket Carrefour SA di Paris, Prancis.  - Bloomberg
Premium

Carrefour Akan Diakuisisi Circle K, Ada Dampak ke Ritel Grup CT?

14 Januari 2021 | 14:59 WIB
Pemilik merek Circle K yakni Couche-Tard  tengah menjajaki pengambilalihan Carrefour SA asal Prancis. Jika terealisasi, bagaimana dampaknya ke Carrefour Indonesia yang saat ini dikendalikan oleh Chairul Tanjung?

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu perusahaan ritel multinasional pemillik merek Circle K yakni Couche-Tard tengah menjajaki proses akuisisi Carrefour SA asal Prancis.

Apabila terlaksana Carrefour akan diakusisi dengan kesepakatan senilai US$20 miliar. Sejumlah pengamat menilai, proses akuisisi tersebut akan menciptakan raksasa ritel baru di kawasan Trans-Atlantik.

Berdasarkan sumber Bloomberg, Couche-Tard mengajukan proposal awal guna menakar nilai perusahaan Prancis tersebut. Careffoir dihargai sekitar 20 euro per saham.

Akibat munculnya kabar tersebut, saham Carrefour naik hingga 14 persen di Paris pada Rabu (13/1/2021) ke level US$12,92. Sementara, Couche-Tard sendiri malah tergelincir 2,2 persen.

Couche-Tard mengonfirmasi bahwa mereka telah memulai diskusi untuk mengeksplorasi kesepakatan dengan Carrefour tersebut. Kendati begitu, pembicaraan tersebut belum mengarah pada transaksi akhir. Kedua belah pihak disebut masih terus bernegosisasi.

Carrefour sendiri mengoperasikan lebih dari 2.800 toko serba ada (supermarket) dan 703 pasar swalayan (hypermarket) format besar di Eropa. Sementara, di Amerika Latin, perusahaan juga memiliki jaringann toko di beberapa daerah di Argentina dan Brasil.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top