Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja melintas di depan layar elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (12/8/2020). - Bisnis/Abdurachman
Premium

Awal Cerah Sederet Saham Bank BUKU III di Lantai Bursa

14 Januari 2021 | 13:56 WIB
Memasuki 2021, saham perbankan menunjukkan laju yang positif, terutama saham-saham bank BUKU III. Saham mana saja yang terus menghijau?

Bisnis.com, JAKARTA – Saham sektor perbankan mengawali 2021 dengan rapor meyakinkan. Bukan saja bank-bank besar dari kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) IV, rapor positif juga tampak dari pergerakan saham sederet anggota BUKU III.

PT Bank Mega Tbk. (MEGA) salah satunya. Disulut sentimen merapatnya Grup Salim sebagai pengendali perseroan, saham MEGA melesat ke level Rp13.000 pada akhir perdagangan Rabu (13/1/2021).

Catatan ini telah menguat 80,55 persen jika dibandingkan harga saham MEGA pada pengujung tahun lalu, yang mentok di Rp7.200. MEGA masih melanjutkan kenaikan 100 poin pada sesi pertama perdagangan Kamis (14/1).

Torehan MEGA dibuntuti bank-bank BUKU III lain, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. alias BRI Agro (AGRO) yang sudah menguat 53,14 persen sepanjang tahun, PT Bank BRISyariah Tbk. (BRIS) yang telah menguat 49,77 persen, serta PT Bank Bukopin Tbk. (BBKP) dengan penguatan 32,17 persen.

Dibandingkan rapor bank-bank besar penghuni BUKU IV, torehan saham keempat bank tersebut jelas lebih baik.

Adapun PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) menjadi bank BUKU IV dengan penguatan harga paling tajam sejak pergantian tahun, yakni 14,86 persen. Menguntit di belakangnya adalah PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) dengan 9,46 persen, PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) dengan 5,66 persen, serta PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dengan 5,16 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top