Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Bisnis.com
Premium

Emiten Konglomerat RI Berjejal Emisi Saham Baru, Pilih Mana?

07 Januari 2021 | 12:30 WIB
Emiten afiliasi orang terkaya Indonesia mulai dari Grup Sinarmas hingga Mayapada antre untuk meraup dana segar dari pasar modal lewat penerbitan saham baru awal 2021.

Bisnis.com, JAKARTA — Sederet emiten tancap gas untuk mengeksekusi aksi korporasi initial public offering (IPO), rights issue, dan private placement awal 2021. Perusahaan tercatat afiliasi konglomerat RI tidak ketinggalan ambil bagian menggalang dana segar untuk pemenuhan kebutuhan pembiayaan perseroan.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso melaporkan minat korporasi untuk menggalang dana melalui penawaran umum masih terjaga di tengah periode pandemi Covid-19 pada 2020. Menurutnya, terdapat 53 emiten baru dengan 51 perusahaan tercatat anyar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sepanjang tahun lalu.

OJK melaporkan nilai penghimpunan dana sebesar Rp118,7 triliun pada 2020. Meski turun dari realisasi Rp160 triliun pada 2019, pencapaian itu menjadi yang tertinggi di kawasan Asean.

Semarak penghimpunan dana di pasar modal berlanjut awal 2021. Beberapa perusahaan memilih langsung tancap gas menerbitkan saham baru salah satunya dengan melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT FAP Agri Tbk., menjadi emiten pertama tahun ini dengan melakukan listing pada Senin (4/1/2021). Emiten yang mendapatkan kode saham FAPA itu melepas 544,41 juta lembar saham baru dengan harga pelaksanaan Rp1.840.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top