Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Alat berat membersihkan area penimbunan batu bara. -  Bloomberg / Nicolo Filippo Rosso
Premium

KALEIDOSKOP 2020: Batu Bara & CPO Kokoh, Cek Emiten Paling Memikat

31 Desember 2020 | 18:56 WIB
Batu bara dan minyak kelapa sawit mentah (CPO) berhasil menjadi sektor komoditas yang mencuri perhatian sepanjang tahun ini. Sejumlah emiten pun turut terpengaruh oleh kinerja kedua komoditas itu.

Bisnis.com, JAKARTA – Batu bara dan kelapa sawit menjadi komoditas yang berhasil mempertahankan kekuatannya di pengujung tahun ini. Kondisi itu terjadi meski pandemi Covid-19 masih terjadi dan menekan perekonomian global maupun nasional. 

Adapun harga kedua komoditas tersebut sempat anjlok parah pada periode awal pandemi. Namun nyatanya CPO dan batu bara mampu kembali pulih dan bahkan hingga melesat tinggi. 

Pada awal pandemi yang terjadi pada paruh pertama tahun ini terjadi secara global, membuat harga minyak mentah sempat melorot tajam. Fenomena itu kemudian menyeret harga komoditas lainnya seperti minyak kelapa sawit mentah, bahan bakar fosil gas, hingga batu bara seiring dengan pembatasan sosial berskala besar yang membuat permintaan komoditas turun. 

Laju harga yang terkoreksi tajam dan permintaan yang turun membuat negara-negara penghasil komoditas mau tidak mau memilih memangkas produksinya.

Namun, meredanya pandemi Covid-19 di China yang diiringi kebangkitan ekonomi negara tersebut pada awal kuartal III/2020 memberikan sentimen tersendiri bagi komoditas seperti CPO dan batu bara.

Misalnya, saja harga batu bara bahkan menyentuh level tertinggi dalam 1,5 tahun terakhir pada pertengahan bulan ini dengan mencapai US$84,5/ton akibat meroketnya pasokan domestik China ketika konsumsi listrik mulai meningkat. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top