Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Prajogo Pangestu.  - Istimewa
Premium

Menakar Daya Tahan Emiten Prajogo Pangestu di Jajaran Big Caps

29 Desember 2020 | 14:41 WIB
Dua perusahan milik taipan Prajogo Pangestu berhasil masuk dalam jajaran 10 besar emiten big caps. Perusahaan itu adalah PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) dan PT Barito Pasific (BRPT) Tbk. Seberapa kuat kedua emiten itu bertahan di jajaran perusahaan dengan kapitalisasi jumbo tersebut?

Bisnis.com, JAKARTA – Dua emiten milik konglomerat Prajogo Pangestu berhasil dapat menembus 10 peringkat teratas emiten dengan kapitalisasi terbesar di pasar modal Indonesia (big caps).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), dari berbagai emiten saham big caps dengan kapitalisasi pasar di atas Rp100 triliun tersebut, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) berada di urutan delapan dengan peningkatan kapitalisasi sebesar 2,3 persen menjadi Rp163 triliun per 23 Desember 2020. 

Dari sisi harga saham, pergerakan saham TPIA pada perdagangan Selasa (29/12/2020), terpantau bergerak ke level Rp9.350 turun 25 poin atau 0,27 persen dari hari sebelumnya. Adapun, kapitalisasi pasar TPIA tercatat sebesar Rp167,19 triliun.

Sementara itu, PT Barito Pacific (BRPT) Tbk. menyusul di posisi 10 dengan peningkatan kapitalisasi sebesar 1,6 persen menjadi Rp114 triliun.

Adapun, tren pergerakan harga saham BRPT terpantau bergerak ke zona merah. Harga saham emiten BRPT terkoreksi 2,89 persen ke level Rp1.170 dari level sebelumnya. Sementara, pergerakan saham selama setahun berjalan terkoreksi hingga 19,87 persen (ytd). Dengan pergerakan harga saham tersebut kapitalisasi pasar BRPT juga menurun menjadi Rp113 triliun.

Sementara dari segi kinerja keuangan, berdasarkan laporan keuangan per September 2020, TPIA masih membukukan penurunan pendapatan hingga 8,62 persen secara tahunan menjadi US$1,27 miliar. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top