Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno tiba untuk menjalani tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Senin (13/8/2018). Presiden Joko Widodo menugaskan Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Premium

Menghitung Dampak Kursi Menteri Jokowi terhadap Kekayaan Sandiaga Uno di Lantai Bursa

24 Desember 2020 | 07:26 WIB
Sandiaga Uno sudah dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bagaimana pengaruhnya terhadap pergerakan saham-saham yang terafiliasi dengan dirinya?

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), menggantikan Wishnutama Kusubandio pada Rabu (23/12/2020). Dalam sekejap, kursi menteri baru itu langsung bikin Sandi, yang juga rival Jokowi dalam Pemilihan Presiden terakhir, mempertebal pundi-pundi kekayaannya.

Emiten-emiten yang terafiliasi dengan Sandi kompak menunjukkan grafik hijau hingga penutupan perdagangan, Rabu (23/12).

Saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) misalnya, mengalami penguatan paling kentara yakni 10,96 persen ke level Rp3.950. Sandi tercatat memiliki 583.565.429 lembar saham di perusahaan ini atas nama pribadi.

Kemudian, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) dan PT Nusa Raya Cipta Tbk. (NRCA), emiten-emiten yang merupakan ladang investasi SRTG pun ikun menguat. Masing-masing mengalami penguatan harga saham pada kisaran 5,56 persen dan 1,55 persen.

Kenaikan tidak kalah menonjol tampak pada harga saham PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG), yakni sebesar 8,81 persen ke posisi Rp1.730. Sandi memiliki 7.755.137.759 saham di perusahaan ini lewat PT Wahana Anugerah Sejahtera, salah satu anak usaha SRTG.

Sementara itu, PT Provident Agro Tbk. (PALM), yang 3.194.909.019 sahamnya dimiliki Sandi lewat Saratoga Sentra Business, anak usaha SRTG yang lain, menguat 4,79 persen menuju harga Rp350. Adapun PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) yang terafiliasi dengan Sandi lewat Adaro Strategic Investment mengalami penguatan saham 1,36 persen ke posisi Rp1.490.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top