Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
PT Bank Pembangunan Daerah Banten (BEKS). - Dok. Bank Banten
Premium

Santa Claus Rally Emiten Bank & Prospek IHSG Jelang Natal

22 Desember 2020 | 22:52 WIB
Harga saham bank seperti ARTO, BBKP, BNLI hingga BBHI terus menanjak seiring aksi korporasi yang dilakukan perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan Otoritas Jasa Keuangan untuk mengetatkan modal perbankan minimal Rp1 triliun pada 2020, Rp2 triliun tahun depan dan menjadi Rp3 triliun pada 2022 membuat juragan bank harus berakrobat di tengah pandemi. Bank-bank mungil ini mendatangkan investor besar untuk mengerek modal.  Lainnya, pemegang saham harus melakukan injeksi modal.

Langkah ini dilakukan oleh PT Bank Harda International Tbk. (BBHI) yang menggandeng Konglomerat Chairul Tanjung melalui CT Corpora. Perusahaan tengah menunggu izin OJK untuk memuluskan aksi ini. Demikian juga dengan PT Bank Bukopin Tbk.(BBKP). Bank yang awalnya dikendalikan grup Bosowa ini sekarang telah berganti penguasa menjadi investor Korea Selatan KB Kookmin. Aksi korporasi juga dilakukan oleh Bank Jago (ARTO) dengan masuknya raksasa dompet digital Go-Pay.

Bank daerah dari Banten (BEKS) juga melakukan aksi serupa. Modal sebesar Rp3 triliun tengah dihimpun melalui mekanisme rights issue. Pemegang saham lama yakni Pemprov Banten telah memastikan melakukan injeksi modal minimal Rp1,5 triliun. Langkah yang membuat perusahaan aman dari batas ketentuan modal yang diterbitkan OJK.

Lainnya, ekspansi yang dilakukan oleh Bangkok Bank dengan meleburkan bisnisnya di Indonesia ke dalam Bank Permata (BNLI). Langkah ini otomatis mengerek perusahaan menjadi bank umum kelompok usaha (BUKU) IV. Kasta tertinggi dalam perbankan tanah air karena memiliki modal tier I di atas Rp30 triliun.

Alhasil, beberapa harga saham bank semenjak pekan kedua Desember 2020 ini bagaikan terbang menuju rekor baru.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top