Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengemudi ojek daring mengenakan sekat pelindung saat menunggu penumpang di kawasan jalan Kendal, Jakarta, Rabu (10/6/2020). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Premium

Jelajah Gojek di Pasar Modal, Cukupkah dengan Blue Bird (BIRD) dan Bank Jago (ARTO)?

21 Desember 2020 | 11:18 WIB
Pekan lalu, Gojek resmi mengakuisisi saham PT Bank Jago Tbk. Namun, aksi korporasi itu bukanlah satu-satunya penjelajahan aplikasi tersebut di lantai bursa.

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun 2020 rupanya menjadi tahun yang sibuk bagi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, pengelola aplikasi Gojek. Sejak awal tahun, berbagai langkah ekspansi dilakukan layanan yang awalnya hanya bergerak di sektor transportasi itu, termasuk di pasar modal.

Awal tahun ini, rumor mengenai rencana merger Gojek dengan Grab merebak. Ketika itu, diisukan bahwa para pemegang saham kedua perusahaan menginginkan Gojek dan Grab melebur.

“Kekuatan yang bermain di sini lebih tinggi dari sekadar apa yang diinginkan Grab atau Gojek - atau memang tidak diinginkan. Ini terkait dengan sejumlah pemegang saham berpengaruh jangka panjang di kedua perusahaan yang ingin membendung kerugian atau menemukan cara untuk keluar dari investasi mereka,” kata salah satu investor Grab seperti dilansir Financial Times, Minggu (8/3/2020).

Menurut Financial Times, Gojek dan Grab sebenarnya telah melakukan pembicaraan selama setidaknya 2 tahun. Maklum, kedua aplikasi ini memiliki layanan yang sama, seperti ride-hailing, pesan antar makanan, dompet digital, hingga layanan kesehatan.

Namun, kabar itu ditepis oleh kedua perusahaan. Meski, kemudian beredar lagi baru-baru ini.

Di tengah rumor tersebut, Gojek justru ekspansi ke ranah lain, yakni pasar modal. Pada Februari 2020, PT Blue Bird Tbk. mengonfirmasi masuknya Gojek sebagai salah satu pemegang saham emiten pemilik taksi Burung Biru.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top