Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengemudi ojek daring mengenakan sekat pelindung saat menunggu penumpang di kawasan jalan Kendal, Jakarta, Rabu (10/6/2020). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Premium

Gojek Resmi Caplok Bank Jago (ARTO), Revolusi Perbankan Dimulai

18 Desember 2020 | 17:23 WIB
Aplikasi super Gojek mengumumkan akuisisi atas 22 persen saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO). Apa artinya bagi Gojek, ARTO, dan dunia perbankan Indonesia?

Bisnis.com, JAKARTA – Usai sudah rasa penasaran publik terhadap lonjakan saham PT Bank Jago Tbk. dalam kurun waktu 18 bulan terakhir. Bukan sekadar rumor, kini PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek resmi menjadi pemegang saham Bank Jago.

Dalam keterangan kepada sejumlah media pada Jumat (18/12/2020), Gojek resmi mengumumkan akuisisi atas 22 persen saham Bank Jago.

Namun, sebelumnya, rumor mengenai masuknya Gojek ke bank swasta berkode saham ARTO ini sudah santer terdengar. Sejak awal bulan ini, ada beberapa kali transaksi saham jumbo di pasar negosiasi yang melibatkan saham bank tersebut.

Berdasarkan data Bloomberg, hingga pukul 13.48 WIB, Jumat (18/12), total nilai transaksinya sudah mencapai Rp2,25 triliun di pasar negosiasi. Total saham yang diperdagangkan mencapai 2 miliar lembar atau setara 18,42 persen dari total saham ARTO.

Berbagai transaksi ini melibatkan investor domestik dan asing. Pihak asing yang diwakili sekuritas Inovasi Utama Capital (kode broker IU), UOB Kay Hian Securities (kode broker AI), dan UBS Sekuritas Indonesia (kode broker AK) menjadi pihak penjual. Sementara itu, pihak pembeli diwakili oleh Trimegah Sekuritas (kode broker LG).

Mungkin ada yang masih ngeh, Trimegah Sekuritas sebagian sahamnya dimiliki Northstar Group, private equity yang didirikan Patrick Walujo. Northstar juga lah yang menjadi investor awal Gojek dan sempat memiliki PT Bank BTPN Tbk. sebelum dilego ke Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC), bank asal Jepang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top