Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Jesslyne Widjaja.  - Dok. Golden Agri Resources (GAR).
Premium

SUKSESOR BISNIS: Kepak Sayap Jesslyne Widjaja, Generasi Ketiga Klan Sinar Mas

16 Desember 2020 | 17:24 WIB
Kendati sebagai cucu dari Eka Tjipta Widjaja dan anak dari Franky O. Widjaja, Jesslyne Widjaja tak serta merta bisa langsung masuk ke perusahaan Grup Sinar Mas. Dia harus melalanglang buana selama lima tahun sebelum masuk ke jajaran direksi Grup Sinar Mas.

Bisnis.com, JAKARTA – Belum lama ini, keluarga Widjaja yang merupakan konglomerat Grup Sinar Mas, dilaporkan berhasil mempertahankan status mereka sebagai keluarga paling tajir di Indonesia.

Forbes mencatat keluarga Widjaja berada di urutan kedua dalam daftar "Indonesia's 50 Richest" dengan total nilai kekayaan US$11,9 miliar. 

Perolehan kekayaan tersebut tampak wajar diperoleh keluarga Widjaja, lantaran beragamnya lini bisnis yang digeluti. Tercatat, Grup Sinar Mas memiliki bisnis di sejumlah sektor seperti pulp dan kertas, agribisnis, jasa keuangan, properti, telekomunikasi, energi dan infrastruktur, serta kesehatan dan pendidikan.

Mereka berhasil mengungguli keluarga taipan lain seperti keluarga Ciputra yang berada di posisi 24 dengan nilai kekayaan US$1,28 miliar dan keluarga Hamami dengan kekayaan US$745 juta di posisi 37.

Adapun, konglomerasi Sinar Mas yang menguasai beragam sektor bisnis tersebut, saat ini telah diwariskan oleh pendirinya yakni Eka Tjipta Widjaja kepada anak dan cucunya.

Anak sulungnya, Teguh Ganda Wijaya saat ini memegang kendali Asia Pulp & Paper (APP). Selanjutnya Indra Widjaja menjadi bos Sinar Mas Multiartha. Lalu ada pula Muktar Widjaja menjadi CEO Sinarmas Land, dan Franky O Widjaja menduduki Chairman Golden Agri-Resources (GAR).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top