Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Head of Mobile Samsung Electronics Co. Roh Taemoon mempresentasikan produk terbaru perusahaan Korea Selatan itu di San Francisco, California, AS, Selasa (11/2/2020). - Bloomberg/Michael Short\\r\\n
Premium

FREN, Tri & Anak TLKM Kandidat Pemenang 5G, Harga Saham Terbang?

15 Desember 2020 | 08:15 WIB
FREN, Tri dan Telkomsel berpeluang menambah jaringan 5G yang dimiliki. Saat yang sama konsolidasi FREN dan Tri tengah mengemuka.

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga operator seluler yakni PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN),  PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) anak usaha PT Telkom Indonesia (TLKM) dan PT Hutchison 3 Indonesia berebut menjadi yang tercepat dalam menggelar jaringan 5G pada frekuensi 2,3GHz.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan ketiga operator telah memenuhi syarat administrasi dan menyerahkan dokumen secara bersamaan. Untuk itu, penentuan peringkat pemenang akan dilakukan melalui aplikasi pencatatan waktu.

“Penentuan peringkat melalui aplikasi pencatatan waktu sebagaimana dimaksud pada angka 5 akan dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Desember 2020,” ulas Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo dalam pengumumannya bertanggal 14 Desember 2020.

Meski begitu, Ketua Program Studi Magister Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Yosef M. Edward menyebutkan dari tiga operator yang lolos FREN dan Telkomsel memiliki nilai tawar yang lebih tinggi untuk menjadi operator seluler pertama yang menggelar 5G.

Anak usaha BUMN dan lini konglomerasi Sinar Mas ini akan akan melakukan optimalisasi skema kerja sama spektrum frekuensi dengan operator seluler manapun di pita frekuensi 2,3GHz.

“5G siapa duluan? kalau mereka penasaran pasti mereka (Telkomsel dan FREN) duluan yang paling pertama. Walaupun  sebenarnya bandwithnya masih kurang.  Itu bisa buat jualan di mana mereka sudah 5G, dan yang lain masih 4G,” kata Ian kepada Bisnis.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top