Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per akhir November 2020, saham menempati porsi paling banyak dalam komposisi efek reksa dana yakni sekitar 28,61 persen. Diikuti oleh obligasi negara atau surat utang negara (SUN) di posisi kedua dengan porsi 22,95 persen dan obligasi korporasi di posisi ketiga dengan porsi 18,49 persen. (Bisnis - Himawan L Nugraha)
Lihat Foto
Premium

Seleksi Ketat Manajer Investasi Pilih-Pilih Obligasi Korporasi

Efek bersifat ekuitas atau saham, obligasi negara, dan obligasi korporasi menjadi aset dasar (underlying asset) yang paling banyak digunakan dalam produk reksa dana.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com
11 Desember 2020 | 17:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Manajer investasi semakin ketat menyeleksi aset dasar obligasi untuk produk reksa dana seiring dengan derasnya suplai surat utang korporasi jelang akhir tahun ini.

Efek bersifat ekuitas atau saham, obligasi negara, dan obligasi korporasi menjadi aset dasar (underlying asset) yang paling banyak digunakan dalam produk reksa dana.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per akhir November 2020, saham menempati porsi paling banyak dalam komposisi efek reksa dana yakni sekitar 28,61 persen dengan total nilai aset Rp155,63 triliun.

Diikuti oleh obligasi negara atau surat utang negara (SUN) di posisi kedua dengan porsi 22,95 persen (Rp124,86 triliun) dan obligasi korporasi di posisi ketiga dengan porsi 18,49 persen (Rp100,61 triliun).

Selanjutnya berturut-turut deposito berjangka 14,31 persen, surat berharga negara syariah (SBSN) 10,89 persen, sukuk 2,32 persem, medium term notes (MTN) 1,45 persen, cash 0,78 persen, efek berangun aset (EBA) 0,12 persen, warrant 0,06 persen, dan rights 0,00 persen.

Sementara itu, dari sisi kinerja sepanjang tahun berjalan, reksa dana berbasis obligasi alias reksa dana pendapatan tetap masih memimpin. Sebaliknya, reksa dana berbasis aset saham belum dapat membalikan kinerjanya ke zona positif.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top