Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Banner Dotcom / Sell/Buy/3
Premium

Wajah Baru Crazy Rich Indonesia Pengendali Media, Perbankan, dan Manufaktur

11 Desember 2020 | 18:00 WIB
Nama baru bermunculan dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes meskipun belum mampu menggeser pemilik Grup Djarum dan Grup Sinarmas di posisi teratas.

Bisnis.com, JAKARTA — Sederet taipan mampu mencuri perhatian saat puluhan lainnya dalam daftar orang terkaya Indonesia 2020 versi majalah Forbes mengalami penyusutan kekayaan akibat terpaan badai pandemi Covid-19.

Forbes merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada Kamis (10/12/2020). Dampak dari pandemi terlihat jelas apabila menilik kalkulasi harta para crazy rich Indonesia.

Total harta 50 pebisnis terkaya Indonesia menyentuh US$133 miliar tahun ini. Posisi itu terkoreksi 1,2 persen dibandingkan dengan total kekayaan 50 pebisnis terkaya tahun 2019.

Berdasarkan perhitungan Bisnis, penurunan tecermin dari penyusutan kekayaan dari tahun lalu yang dialami oleh 28 dari total 50 orang terkaya Indonesia. Sisanya, 18 orang mengalami kenaikan kekayaan dan empat orang kekayaannya tidak bergerak dari tahun lalu.

Keluarga Hartono dan Widjaja, dua konglomerat yang menempati daftar teratas orang terkaya Indonesia, mengalami kenaikan paling signifikan.

Kekayaan duo Robert dan Michael Hartono tercatat menyentuh US$38,8 miliar alias naik US$1,5 miliar bila dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara itu, keluarga Widjaja yang berada di urutan kedua daftar orang terkaya tumbuh US$2,3 miliar, tepatnya dari US$9,6 miliar menjadi US$11,9 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top