Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Lambang Toyota Motor Corp. terpampang di kap mobil mobil listrik Mirai di showroom perusahaan otomotif itu di Tokyo, Jepang, Rabu (9/12/2020). - Bloomberg/Toru Hanai
Premium

Apa Dampak Investasi Mobil Listrik US$2 Miliar Toyota ke Astra International (ASII)?

10 Desember 2020 | 15:54 WIB
Toyota Motor Corp. bakal berinvestasi US$2 miliar di Indonesia untuk pengembangan mobil listrik. Bagaimana dampaknya terhadap PT Astra International Tbk. (ASII) yang sudah jadi mitra lama Toyota?

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah terus berupaya membuktikan komitmennya untuk mendorong pasar mobil listrik di Indonesia. Kali ini, giliran produsen mobil asal Jepang, Toyota Motor Corp., yang digaet sebagai mitra.

Dalam pertemuan pada Selasa (8/12/2020), pemerintah lewat Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto dan Toyota mencapai beberapa kesepakatan. Satu di antaranya adalah misi Toyota berinvestasi US$2 miliar di Indonesia untuk pengembangan produk kendaraan ramah lingkungan hingga 2025.

“Setidaknya, dalam 5 tahun ke depan, kami sudah menyiapkan 10 jenis kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia. Teknologi kendaraan Toyota juga sudah siap untuk mendukung penerapan B30 di Indonesia,” tutur CEO Toyota Motor Corp. regional Asia Yoichi Miyazaki, usai pertemuan dengan Airlangga.

Tidak cuma itu, Toyota juga membuka kemungkinan menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor untuk produk-produk mereka di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya. Rencana ini, terang Miyazaki, tengah dimatangkan oleh pihaknya menyusul munculnya Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang baru disahkan pada Oktober 2020.

Pernyataan Miyazaki menjadi sinyal cerah tersendiri bagi PT Astra International Tbk. (ASII). Emiten yang telah merambah berbagai sektor, tetapi punya basis pasar kuat di lini otomotif, tersebut merupakan distributor resmi produk-produk Toyota di Indonesia lewat PT Toyota Astra Motor (TAM).

Sudah sejak lama pula Astra mengatakan mereka selalu mendukung rencana Toyota menghadirkan kendaraan ramah lingkungan ke Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top