Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
SPBU BP-AKRA di kawasan Meruya, Jakarta. - Dok. AKR Corporindo
Premium

Meneropong Peluang di Balik Rencana Bisnis PT AKR Corporindo (AKRA) 2021

07 Desember 2020 | 17:30 WIB
Ada sejumlah rencana yang disiapkan PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) pada tahun depan. Bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja finansial dan saham perusahaan?

Bisnis.com, JAKARTA – Momen pemulihan ekonomi yang berpeluang besar terjadi pada 2021, tampaknya tak ingin dilewatkan begitu saja oleh PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA). Perusahaan yang bergerak di sektor distribusi produk minyak bumi dan produk kimia tersebut tengah mematangkan skema bisnis barunya.

Masih bekerja sama dengan mitra lamanya British Petroleum (BP), per tahun depan, AKRA berencana membuka ruang investasi bagi pengusaha lokal yang ingin mendirikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Nantinya, para pengusaha lokal yang telah menjalin kemitraan akan mendapat jaminan kecukupan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sebagai catatan, saat ini, BP dan AKRA masih menggunakan skema bisnis Company Owned Company Operated (COCO). Artinya, SPBU yang ada sejauh ini sepenuhnya masih dioperasikan dan dimiliki kongsi BP-AKR.

Apabila proyeksi model investasi dengan pengusaha lokal berjalan tanpa aral melintang, tidak tertutup kemungkinan seluruh jaringan yang saat ini dimiliki BP-AKR bakal dilepas ke investor.

“Untuk terus berkembang, kami ingin melibatkan lebih banyak pengusaha ke dalam skema bisnis di mana diler dan pengusaha dapat bermitra dan berinvestasi. Untuk ke depannya, kami akan beralih dari jaringan COCO yang dimiliki sepenuhnya menjadi jaringan yang dioperasikan oleh diler yang berinvestasi,” kata Direktur BP-AKR Peter Molloy kepada Bisnis, baru-baru ini.

Saat ini, BP-AKR baru beroperasi di di Jabodetabek dan Surabaya. Tepatnya, 12 SPBU di Jabodetabek dan 4 unit di Surabaya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top