Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi
Premium

UNTR Hingga ASII Bagi Dividen Kuartal IV/2020, Kinerja 2021 Masih Prospek?

25 November 2020 | 11:57 WIB
Sebanyak 15 emiten masih membagikan dividen sepanjang kuartal IV/2020. Bagaimana prospeknya di masa depan?

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 15 perusahaan pada kuartal IV/2020 ini memastikan membagikan dividen interim. Jumlah ini merupakan rekapitulasi emiten hingga minggu ke-3 November 2020.

Sebagai gambaran meski kuartal IV/2020 belum berakhir, jumlah ini menyusut 44 persen dibandingkan tahun lalu. Saat itu jumlah emiten yang membagikan dividen interim mencapai 27 perusahaan.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee menilai adanya tren penyusutan tersebut bukan hal mengejutkan. Faktanya pada 2020 ini adalah tahun yang berat bagi hampir seluruh perusahaan akibat masalah kesehatan yang berakibat menekan ekonomi hingga menjadi resesi.

“Karena kinerja sebagian besar [emiten] pun terpukul pandemi. Bahkan ada yang memutuskan tidak membagikan dividen. Jadi, keputusan membagikan dividen saja itu pertanda bahwa dampak pandemi yang dirasakan perusahaan terkait mungkin mulai bisa teratasi,” kata Hans, Selasa (24/11/2020).

Perkataan Hans barangkali ada benarnya. Sebab, bila ditinjau kondisinya, kecenderungan naik turun dividen masing-masing emiten selaras dengan kinerja masing-masing sejak semester I/2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top