Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Aktivitas pengeboran migas PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) di Laut Natuna Selatan. - MedcoEnergi.com
Premium

Historia Bisnis: Manuver Medco 'Rebut' Stanvac dari AS

07 November 2020 | 16:02 WIB
Langkah perseroan mengakuisisi PT Stanvac Indonesia pada 1995 dari sejumlah perusahaan asal Amerika Serikat, merupakan salah satu tonggak bisnis bersejarah bagi MedcoEnergi.

Bisnis.com, JAKARTA – MedcoEnergi merupakan perusahaan di Indonesia yang bergerak pada bidang energi terintegrasi. Bahkan kini MedcoEnergi dapat disebut sebagai salah satu raksasa di Asia Tenggara, setelah mengakuisisi Ophir Energy Plc.

Bidang usaha MedcoEnergi termasuk dalam bidang industri hulu yakni eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, pertambangan, tembaga dan emas serta industri hilir yakni pembangkit listrik.

Perusahaan yang didirikan konglomerat Arifin Panigoro tersebut bermula dari sebuah perusahaan kontraktor partikelir di bidang jasa pengeboran minyak dan gas bumi di daratan atau onshore drilling serta Meta Epsi Pribumi Drilling Co.

Salah satu tonggak ekspansi terbesar MedcoEnergi di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas adalah ketika perseroan mengakuisisi kontrak eksplorasi dan produksi Tesoro di Kalimantan Timur (TAC dan PSC) pada 1992.

Selain itu, salah satu batu loncatan terbesar lain yang dilakukan perseroan adalah ketika mengambil alih 100 persen saham PT Stanvac Indonesia dari Exxon dan Mobil Oil pada tahun 1995.

Adapun, kisah MedcoEnergi di bawah kendali Arifin Panigoro mengakuisisi PT Stanvac Indonesia dipublikasi dalam artikel Koran Bisnis Indonesia pada edisi 7 November 1995.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top