Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana kantor pusat Ant Financial di Hangzhou, China, Kamis (17/10/2019). - Bloomberg/Qilai Shen
Premium

IPO Ant Group Bawa Kekayaan Jack Ma Dekati Bos Google

28 Oktober 2020 | 12:23 WIB
Ant Group adalah perusahaan teknologi keuangan yang berafiliasi dengan Alibaba. Perusahaan keuangan ini didirikan salah satu orang terkaya China, Jack Ma.

Bisnis.com, JAKARTA – Ant Group, perusahaan afiliasi Alibaba yang dikendalikan Jack Ma akan mulai proses pencatatan saham perdana (IPO) di pasar modal pada 5 November 2020. IPO  paralel akan dilaksanakan perusahaan keuangan raksasa asal China itu di bursa Shanghai dan Hong Kong.

Ekosistem Ant Group terdiri dari  Alipay, Yu'e Bao, Huabei, Zhima Credit, Xiang Hu Bao, hingga Mybank. Perusahaan teknologi keuangan ini mampu menjangkau masyarakat China dalam layanan keuangan terintegrasi.  

Peresmian pencatatan saham Ant Group di pasar modal ini sekaligus momen melambungnya predikat salah satu orang terkaya dari China, miliarder Jack Ma. Keberhasilan IPO akan membawa Jack Ma semakin dekat ke tingkat 10 orang terkaya sejagat.

Ma telah mengunci porsi kepemilikan saham di Ant Group sebesar 8,8 persen. Fortune memperkirakan IPO Ant Group bakal menaikkan porsi aset Ma menjadi US$27,4 miliar. Perkiraan serupa diperkirakan Forbes, yang mematok aset Ma di Ant Group bakal mengembang jadi USS$27 miliar. Jika menggunakan kurs Bank Indonesia 27 Oktober sebesar Rp14.690, maka kekayaan Jack Ma akan melambung ke level Rp396,63 triliun hingga Rp402,50 triliun.

Realisasi tersebut akan membuat Jack Ma mengalami kenaikan total kekayaan dari US$61,7 miliar jadi US$71,6 miliar atau Rp1.051,80 triliun, bila mengacu Bloomberg Billionaire Index. Catatan baru ini tidak saja akan membuat Ma dominan menjadi orang terkaya China, tapi sekaligus menempatkan dirinya sebagai orang terkaya ke-11 di dunia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top