Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir (tengah) didampingi CFO Lie Luckman (kiri) dan Wakil Presiden Direktur Christian Ariano Rachmat (kanan) menjawab pertanyaan awak media seusai RUPST di Jakarta, Selasa (30/4/2019). - ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Premium

Menengok Nasib Gurita Bisnis Boy Thohir di Pasar Modal di Tengah Pandemi

20 Oktober 2020 | 18:41 WIB
Pandemi Covid-19 dan masih lemahnya harga batu bara membayangi bisnis Boy Thohir di lantai bursa. Bagaimana dampaknya terhadap kekayaan sang pengusaha?

Bisnis.com, JAKARTA – Keputusan besar akhirnya diambil PT Panca Amara Utama, Senin (19/10/2020). Anak usaha PT Surya Eka Perkasa Tbk., emiten pemurnian gas alam dan kimia dasar, tersebut mengumumkan rencana penerbitan obligasi global dengan potensi angka terbesar US$650 juta atau setara Rp9,55 triliun.

“Dana yang diperoleh dari transaksi akan digunakan untuk pembiayaan kembali [refinancing] seluruh utang PAU [Panca Amara Utama], yang akan meningkatkan fleksibilitas dan likuiditas keuangan serta arus kas PAU dalam jangka pendek dan menengah untuk membayar bunga dan angsuran pokok,” tulis manajemen lewat keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (19/10).

Selain itu, dana yang diperoleh diharapkan dapat meningkatkan keberlanjutan usaha PAU pada masa mendatang.

Berdasarkan catatan Bisnis, PAU mengoperasikan pabrik amoniak di Luwuk, Sulawesi Tengah. Pabrik tersebut ditutup sempat ditutup sementara selama 3 pekan sejak 24 Juli 2020, menyusul ditemukannya beberapa kasus suspek Covid-19.

"Terdapat dampak pada kontribusi pendapatan saat ini masih dikalkulasi oleh perseroan," demikian disampaikan manajemen ESSA dalam keterbukaan informasi, Rabu (19/10).

Tak ada pilihan. Refinancing tampaknya memang dibutuhkan PAU untuk menyelamatkan keuangan mereka di tengah terpaan krisis akibat pandemi Covid-19.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top