Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Gedung DPR RI -  Dok. Bisnis Indonesia
Premium

HISTORIA BISNIS: Restu DPR Era Orde Baru untuk Modernisasi Pasar Modal

03 Oktober 2020 | 16:43 WIB
Tepat 25 tahun lalu Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) memberikan restu atas penerbitan peraturan untuk memodernisasi pasar modal Tanah Air. Peraturan itu adalah UU No.8 tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Bisnis.com, JAKARTA – Pembahasan mengenai revisi Undang-Undang Pasar Modal dalam beberapa tahun terakhir cenderung timbul tenggelam.

Sebagian besar masukan mengenai diperlukannya atas revisi beleid tersebut adalah kebutuhan akan pembaruan ketentuan-ketentuan dalam UU No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal. Sejumlah pihak menyebutkan bahwa UU tersebut tak lagi relevan dengan kondisi pasar modal saat ini, lantaran sudah berusia seperempat abad.

Bahkan baru-baru ini, pemerintah disebut sedang menyiapkan Rancangan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan alias Omnibus Law Keuangan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Bisnis, UU yang akan tercakup dalam omnibus law itu beberapa di antaranya adalah UU No. 8/1995 tentang Pasar Modal, UU No. 21/2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan, serta UU No. 24/2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan.

Adapun jika menarik ke belakang, UU Pasar Modal merupakan salah satu tonggak utama perkembangan pasar modal di Indonesia.

Tepat 25 tahun yang lalu, UU Pasar Modal mendapatkan restu dari DPR RI. Seperti diberitakan di Koran Bisnis Indonesia edisi 3 Oktober 1995, parlemen sepakat UU Pasar Modal akan menjadi landasan sekaligus memperkokoh pengembangan pasar modal Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top