Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan di dekat papan elektronik yang menampilkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Kamis (26/3/2020). - Bisnis/Dedi Gunawan
Premium

Beda Nasib 13 Emiten Indonesia di Forbes Asia’s Best 200 Under A Billion

24 September 2020 | 17:34 WIB
Sebanyak 13 emiten asal Indonesia masuk dalam daftar 200 perusahaan terbaik Asia Pasifik dengan kategori pendapatan di bawah US$1 miliar versi Forbes. Perusahaan mana saja yang masuk daftar dan bagaimana kinerjanya?

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 13 perusahaan asal Indonesia berhasil masuk dalam daftar Forbes Asia’s Best 200 Under a Billion 2020. Jumlah ini lebih banyak ketimbang tahun lalu, ketika Indonesia tercatat hanya punya 11 wakil.

Terpampangnya jumlah 13 wakil, yang seluruhnya perusahaan terbuka, membuat Indonesia menjadi negara Asean dengan kontingen terbanyak kedua setelah hanya kalah dari Malaysia yang mengirim 16 wakil. Indonesia masih unggul jika dibandingkan Thailand yang diwakili 10 perusahaan atau Singapura dengan 6 perusahaan.

Secara keseluruhan, dominasi masih ditancapkan perusahaan-perusahaan asal China (19 wakil), Taiwan (19 wakil), Hong Kong (18 wakil), dan Jepang (18 wakil).

Forbes Asia’s Best 200 Under a Billion 2020 adalah daftar yang memuat 200 perusahaan terbaik Asia Pasifik dengan kategori pendapatan di bawah US$1 miliar atau Rp14 triliun. Nama-nama yang ada di dalamnya bisa dikategorikan sebagai perusahaan kelas menengah dengan kinerja di atas rata-rata.

Meski demikian, Forbes memberi catatan menarik dalam daftar tahun ini, yang telah diumumkan sejak Agustus.

Mereka menyebut bahwa bisa jadi daftar yang ada tidak memberikan jaminan perusahaan akan sukses hingga akhir tahun. Sebab, penyusunan daftar dilakukan berdasarkan laporan keuangan tahunan sebelumnya, tepatnya per 31 Desember 2019, yang sudah dirilis selambat-lambatnya awal Juli 2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top