Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawati menunjukkan replika logam mulia di Butik Emas Antam, Jakarta, Kamis (6/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Premium

Berapa Potensi Antam (ANTM) di Lahan Emas Freeport?

23 September 2020 | 20:48 WIB
PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) berpeluang mendapatkan kesempatan untuk mengelola eks tambang PT Freeport Indonesia. Wilayah tambang terbuka tersebut memiliki potensi emas yang diperkirakan mencapai 8,1 juta troy ounce. Lalu bagaimana ANTM memanfaatkan peluang tersebut?

Bisnis.com, JAKARTA – Langkah Menteri BUMN membukakan jalan bagi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) untuk menggarap lahan eks tambang PT Freeport Indonesia, dapat menjadi asa baru bagi emiten yang selama ini bergantung bisnis perantara.

Adapun sebelumnya, seperti dilansir dari Tempo, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku sudah mengirim surat kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif perihal pengelolaan tambang eks Freeport tersebut.

Menurut Erick, pengelolaan tambang eks Freeport oleh Antam membuat perusahaan pelat merah itu tidak sekadar menjadi perantara, tetapi menjadi perusahaan penambang emas.

"Pegawainya itu cukup banyak, hampir seribu pegawai dinas, tapi tidak punya tambang," kata Erick dalam rapat bersama Komisi VI DPR di Jakarta, Selasa, 22 September 2020.

Pernyataan ini disampaikan Erick merespons pertanyaan dari Anton Sukartono Suratto, anggota komisi dari Fraksi Partai Demokrat. Dia awalnya hanya mempertanyakan mengapa Antam mengalami kerugian.

Untuk diketahui, pada kuartal I/2020, Antam memang menderita kerugian Rp281 miliar. Namun, dalam enam bulan pertama, masih mencetak untung Rp84,82 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top