Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Gedung BNI di Jakarta - dokumen BNI
Premium

Laba BBRI, BBNI, BBCA, & BMRI Terkoreksi, Siapa Mampu Pulih Paling Cepat?  

21 September 2020 | 21:43 WIB
Laba empat bank tertekan akibat perlambatan kredit dan besarnya restrukturisasi yang dilakukan. Melalui pendekatan laba, siapa yang akan pulih paling cepat?

Bisnis.com, JAKARTA – Banjir pemberian fasilitas keringan cicilan dan melambatnya penyaluran kredit akibat pandemi dipastikan menekan pendapatan emiten bank. Tidak kecuali empat bank terbesar pengisi BUKU IV. Berapa lama waktu yang diperlukan bank dengan aset terbesar ini untuk pulih ke posisi prima prapandemi?

Laporan kinerja semester I/2020 PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) mengalami koreksi laba bersih.

Tercatat BBRI mengalami koreksi laba bersih 36,89 persen yoy menjadi Rp10,21 triliun, dari Rp16,16 triliun. BMRI mengalami koreksi laba bersih sebesar 23,93 persen yoy, dari Rp13,53 triliun menjadi Rp10,29 triliun.

BBNI menjadi bank dengan penurunan laba bersih paling besar, yakni 41,63 persen secara year on year (yoy) menjadi Rp4,45 triliun pada semester I/2020. Sementara itu, BBCA menjadi bank dengan koreksi laba bersih paling minim, 4,84 persen yoy menjadi Rp12,24 triliun.

Secara kumulatif total laba empat bank terbesar di Indonesia tersebut mencapai Rp37,19 triliun pada semester I/2020. Dibandingkan kumulasi laba bersih pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp50,19 triliun, maka terjadi penurunan sebesar 25,9 persen secara yoy.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top