Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Pada perdagangan Rabu (10/9) IHSG sempat mengalami trading halt dan ditutup anjlok 5,01% atau 257,91 poin menjadi 4.891,46. Bisnis - Himawan L Nugraha
Premium

Menerka Reaksi Investor Saham atas Perubahan Konstituen Indeks Global

17 September 2020 | 07:58 WIB
Indeks Financial Times Stock Exchange (FTSE) Russell akan berlaku efektif setelah penutupan perdagangan Jumat (18/9/2020). Dengan demikian, maka FTSE Global Equity Index yang baru akan efektif mulai Senin (21/9/2020). Sebelumnya anggota indeks Morgan Stanley Capital Index (kini dikenal dengan MSCI Inc.) juga berubah pada Agustus 2020 lalu.

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks yang dirilis perusahaan global seperti Financial Times Stock Exchange (FTSE) Russell dan Morgan Stanley Capital Index (kini dikenal dengan MSCI Inc.) merupakan acuan investor asing untuk masuk ke pasar modal di Tanah Airdomestik.

Sejumlah manajer investasi global akan ikut mengubah bobot portofolionya sesuai dengan perubahan masing-masing indeks tersebut. Perubahan harga ini sudah terlihat semenjak rencana perubahan konstituen indeks dilakukan.

Anggota indeks terbaru yang berubah pada akhir pekan ini adalah penghuni indeks FTSE Global Equity Series Asia Pacific di luar Jepang dan China. Perubahan yang dilakukan oleh FTSE Russell tersebut akan berlaku efektif setelah penutupan perdagangan Jumat (18/9/2020). Dengan demikian, maka FTSE Global Equity Index yang baru akan efektif mulai Senin (21/9/2020).

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan bahwa perubahan indeks ini akan diikuti oleh perubahan portofolio para manajer investasi untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Maka, menurutnya, hal ini akan menjadi salah satu pendorong pergerakan saham-saham terkait.

“Maka dari itu perubahan seperti ini akan diikuti oleh perubahan harga, baik kenaikan atau penurunan dalam tempo singkat. Biasanya terjadi sehari saja,” katanya kepada Bisnis, Rabu (16/9/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top