Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pengunjung melintas di depan papan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Abdurachman
Premium

PSBB Jakarta Pengaruhi Nasib IHSG 2020, Pasar Butuh Kepastian!

13 September 2020 | 08:19 WIB
Pengumuman PSBB Jakarta Jilid II memengaruhi proyeksi IHSG sampai dengan akhir 2020 karena menentukan pemulihan perekonomian dan prospek kinerja emiten.

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah sekuritas masih mencermati perkembangan rencana penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total di DKI Jakarta, sebelum mengambil keputusan untuk kembali menyesuaikan target IHSG hingga akhir tahun ini.

Rabu (9/9) malam lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan akan kembali menerapkan PSBB mulai awal pekan depan. Artinya, sektor-sektor industri non-esensial harus kembali memberlakukan work from home.

Selain itu, pusat-pusat perbelanjaan, hiburan, serta tempat ibadah juga ditutup dan tempat makan tak lagi diperbolehkan menerima makan di tempat. Pun, penggunaan transportasi umum kembali dibatasi.

Merespons pengumuman tersebut, pasar langsung bergejolak pada perdagangan Kamis, (10/9/2020). IHSG pun tumbang dan menutup perdagangan dengan koreksi 5,01% ke level 4.891. Hal ini membangkitkan kenangan keruntuhan pasar pada kuartal I/2020 lalu sejak kasus pertama Covid-19 terkonfirmasi.

Namun, koreksi tersebut tidak berlangsung lama. Pada Jumat (11/9/2020), IHSG kembali bangkit dengan kenaikan mencapai 2,56% ke level 5.016, tetapi investor asing mencatatkan nilai net sell Rp2,26 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top