Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Jajaran direksi PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR)
Premium

Historia Bisnis: Samudera Indonesia Group Berlayar ke Bursa Singapura

12 September 2020 | 23:39 WIB
Kisah sukses Samudera Indonesia Group berlayar di era orde lama dan orde baru rasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Berdiri sejak 1950an, grup konglomerasi rintisan Soedarpo Sastrosatomo ini bersinar seiring dengan berdirinya PT Pelayaran Samudera alias Samudera Indonesia pada 1964 dan bahkan kelak mengarungi lantai bursa Singapura.

Bisnis.com, JAKARTA — Bergerak di bidang transportasi kargo dan logistik terpadu, cakar-cakar bisnis PT Samudera Indonesia kian tajam seiring dengan manuver perusahaan mendirikan pangkalan angkutan darat dengan armada 100 truk untuk menunjang bisnis kargonya pada pengujung.

Sempat tersendat karena kemerosotan harga minyak pada awal 80an, Samudera Indonesia bangkit dan masuk ke segmen bongkar muat pada 1986. Manuver ini menjadi cikal bakal munculnya operator-operator terminal, hingga kemudian pada 1991 mereka berhasil membuka usaha depo peti kemas.

Namun, sampai di titik itu belum bikin Soedarpo puas. Dirinya ingin terus melebarkan sayap. Apalagi waktu itu segmen logistik via kapal sedang laris-larisnya.

Yang kemudian jadi masalah, Samudera Group kesulitan berburu modal untuk ekspansi. Tingginya biaya pajak juga bikin perolehan laba mereka tidak maksimal.

Setelah putar otak dan diskusi dengan lingkaran dekatnya, Soedarpo akhirnya menempuh sebuah langkah besar: mendirikan anak usaha di Singapura.

Maka berdilrilah PT Samudera Shipping Line, anak usaha PT Samudera Inonesia yang berbasis di Singapura pada 1993.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top