Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Wisma Barito Pacific, kantor pusat PT Barito Pacific Tbk. - barito - pacific.com
Premium

Historia Bisnis: Simpang Siur Soal Kinerja Barito Pacific di Lantai Bursa

10 September 2020 | 20:50 WIB
Pada medio September 1994, para pelaku pasar modal bertanya-tanya, mengapa perusahaan sebesar PT Barito Pacific Timber Tbk. (BPT) tak kunjung menerbitkan laporan keuangan semester I/2020 ke publik?

Bisnis.com, JAKARTA – Kasak-kusuk muncul di kalangan pelaku pasar modal pada akhir pekan medio awal September 1994. Dalam hal ini, subjek yang dijadikan pembahasan adalah PT Barito Pacific Timber (BPT).

Perusahaan yang digawangi oleh taipan Prajogo Pangestu tersebut menjadi topik pembahasan hangat di kalangan analis, manajer keuangan (fund manager) maupun investor. Mereka mempertanyakan mengapa laporan hasil laba bersih sepanjang semester I yang tak kunjung dilaporkan ke publik.

Berdasarkan pemberitaan Koran Bisnis Indonesia, edisi 10 September 1994, sejumlah sumber Bisnis dari berbagai kalangan menilai, perusahaan sebesar BPT seharusnya tidak perlu menunda mempublikasikan laporan keuangan pada semester I/1994.

Di sisi lain, informasi yang berhembus di berbagai kalangan, perusahaan yang saat ini berganti nama menjadi PT Barito Pacific Tbk (BRPT) tersebut, memiliki laporan keuangan yang kurang menggembirakan selama paruh pertama 1994.

“Memang BPT belum melanggar ketentuan BEJ maupun Bappepam tentang kewajiban laporan keuangan semester  pertama. Namun perseroan sebesar BPT seharusnya menyadarihasil kinerjanya sangat ditunggu-tunggu para pelaku bursa, karena bobot saham mereka yang sangat menentukan pasar,” ujar salah satu sumber Bisnis dari kalagan analis, seperti dikutip dari Koran Bisnis Indonesia edisi 10 September 1994.

Analis itu mengatakan, jika BPT akan melaporkan laporan keuangan audited pada 30 September, maka tidak aka nada perbedaan antara laporan audited dan nonaudited. Pasalnya, pengumuman hasil kinerja emiten yang cepat akan sangat menentukan langkah investor untuk melakukan investasi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top