Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Aktivitas pengeboran migas PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) di Laut Natuna Selatan. - MedcoEnergi.com
Premium

Menghitung Harga Teoritis Saham Medco (MEDC) Usai Rights Issue

08 September 2020 | 14:12 WIB
Sesuai hasil keputusan dalam rapat umum pemegang saham tahunan pada 25 Juni 2020, PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) akan melakukan penambahan modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penawaran umum terbatas (PUT) III dengan penerbitan HMETD maksimal 7,5 miliar saham biasa dengan nominal Rp25 per saham dan harga pelaksanaan Rp250 per lembar.

Bisnis.com, JAKARTA — Jika tak ada aral melintang, hari ini, Selasa (8/9/2020), adalah hari terakhir perdagangan saham PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) dengan hak memesan efek terlebih dahulu atau HMETD (cum-right).

Sesuai hasil keputusan dalam rapat umum pemegang saham tahunan pada 25 Juni 2020, emiten bersandi saham MEDC itu akan melakukan penambahan modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penawaran umum terbatas (PUT) III dengan penerbitan HMETD maksimal 7,5 miliar saham biasa dengan nominal Rp25 per saham dan harga pelaksanaan Rp250 per lembar.

Rencananya, perseroan, yang dinakhodai oleh Hilmi Panigoro, adik dari Arifin Panigoro, bakal mengantongi dana setidaknya Rp1,87 triliun dari aksi korporasi tersebut.

Adapun, raihan dana dari rights issue itu akan digunakan untuk  modal kerja perseroan dan atau anak usaha yakni Medco E&P Natuna Ltd, PT Medco E&P Tomori Sulawesi, PT Medco E&P Indonesia, PT Medco E&P Rimau, PT Medco E&P Malaka, PT Medco E&P Lematang, PT Medco E&P Tarakan, Medco Energi Bangkanai Limited, Medco Energi Sampang Pty Ltd, dan Ophir Indonesia (Madura Offshore) Pty Ltd.

Mengutip prospektus perseroan dalam laporan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (1/9/2020), setiap pemegang 5 (lima) saham lama yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) pada Kamis (10/9/2020) pukul 16.00 WIB, berhak atas 2 (dua) saham HMETD.

Bagi pemegang saham yang tidak melaksanakan haknya dalam PUT III akan mengalami penurunan persentase kepemilikan saham (dilusi) yaitu maksimum 29,50 persen setelah PUT III dilaksanakan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top