Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Salah satu jembatan bentang panjang di jalan tol Cipularang, Jawa Barat. Jalan tol yang beroperasi sejak 2005 itu menjadi akses penting bagi konektivitas Jakarta-Bandung. - Jasa Marga
Premium

Tarif Tol Purbaleunyi Batal Naik, Bagaimana Kontribusi terhadap Pendapatan Jasa Marga?

07 September 2020 | 13:19 WIB
Semula, Jasa Marga akan menyesuaikan tarif di Tol Cipularang-Padaleunyi. Tarif untuk kendaraan kecil naik sedangkan kendaraan besar turun. Namun, kenaikan urung dilakukan sedangkan penurunan tarif untuk kendaraan besar tetap diterapkan.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) akhirnya menunda pemberlakuan tarif tol baru pada ruas jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi). 

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru pada pekan lalu menyatakan, Jasa Marga telah menerima Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penyesuaian tarif tol tersebut pada bulan Juni dan Juli 2020 lalu.

Dia menjelaskan, rencana penyesuaian tarif tol direncanakan berlaku pada September 2020 setelah ditunda selama tujuh bulan akibat pandemi Covid-19. Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR sudah mempertimbangkan dampak Covid-19 terhadap rencana penyesuaian tarif. 

“Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal ini Jasa Marga juga telah mempertimbangkan dampak dari pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) terhadap ekonomi masyarakat,” ujarnya dikutip dari siaran pers.

Untuk diketahui, ruas Cipularang dan Padaleunyi merupakan salah dua mesin uang yang cukup penting terhadap Jasa Marga. Data Jasa Marga menunjukkan, pendapatan dari tol Purbaleunyi (Cipularang dan Padaleunyi) mencapai Rp520,7 miliar per akhir Juni 2020. 

Sementara itu, jumlah kendaraan yang melintas di tol Purbaleunyi para periode yang sama mencapai 30,21 juta kendaraan. Dengan demikian, pendapatan per kendaraan JSMR dari ruas tol ini adalah Rp17.236,01 per kendaraan. Rasio pendapatan per kendaraan di Purbaleunyi merupakan yang tertinggi dibandingkan untuk ruas tol antarkota.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top