Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

PENJAMINAN EMISI EFEK: Aksi Korporasi Jumbo Didorong ke 2021

04 September 2020 | 08:59 WIB
Pandemi Covid-19 telah menjadi masa paceklik bagi bisnis underwriting perusahaan sekuritas. Tak sedikit perusahaan efek Anggota Bursa (AB) yang membukukan penurunan pendapatan jasa penjaminan emisi efek pada semester I/2020

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan sekuritas mulai mengantongi mandat penjaminan emisi efek, baik untuk penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) maupun penerbitan obligasi, yang akan dieksekusi pada 2020 dan 2021.

Adapun, pandemi Covid-19 telah menjadi masa paceklik bagi bisnis underwriting perusahaan sekuritas tahun ini. Tak sedikit perusahaan efek Anggota Bursa (AB) yang membukukan penurunan pendapatan jasa penjaminan emisi efek pada semester I/2020. (lihat tabel)

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Dannif Danusaputro mengungkapkan saat ini sudah mulai banyak perusahaan yang mengisi daftar pipeline IPO di perusahaan sekuritas pelat merah tersebut.

Namun, sejumlah mandat yang diterima baru akan direalisasikan pada tahun depan mengingat nilai dana yang dibidik terbilang jumbo.

“Ini kita ngomong [calon emiten] yang besar-besar ya, bukan IPO strategis. Memang [mandat] untuk IPO saham meningkat. [Tapi] itu semuanya untuk 2021,” kata Dannif kepada Bisnis, Kamis (3/9/2020).

Dirinya mengungkapkan mandat IPO yang diterima perseroan sejak tahun lalu maupun dari beberapa bulan terakhir akan didorong untuk dieksekusi pada tahun depan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top