Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pilot dan kru pesawat memberi penghormatan terakhir kepada pesawat Garuda Boeing 747-400 di Hanggar 4 GMF Aero Asia, Tangerang, Banten, Senin (9/10). PT Garuda Indonesia secara resmi mempensiunkan pesawat Boeing 747-400 terakirnya setelah beroprasi selama 23 tahun sejak 1994. Pelepasan pesawat ini juga menandai berakhirnya operasional penerbangan haji tahun 2017. JIBI/Bisnis - Felix Jody Kinarwan
Premium

Historia Bisnis: Saat Singapore Airlines & KLM Kepincut Garuda Indonesia (GIAA)

26 Agustus 2020 | 23:25 WIB
Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, Garuda Indonesia, emiten bersandi saham GIAA yang melantai di bursa hampir satu dekade silam, masih terus bergelut untuk memperbaiki kinerja keuangannya.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIIA) memang baru melantai di bursa pada Februari 2011 atau belum sampai satu dekade silam, tetapi jangan salah, emiten pelat merah atau BUMN itu sejatinya sudah berencana ‘terbang’ di bursa internasional sejak 1992.

Kala itu, Garuda Indonesia mengincar dana US$1 miliar dari target pelepasan saham atau initial public offering (IPO) di bursa internasional pada 1995. Nilai raihan dana tersebut jika dirupiahkan kira-kira setara Rp2 triliun dengan asumsi nilai tukar rupiah kala itu sekitar Rp2.000 per dolar AS.

Kini, jika dirupiahkan, target dana IPO Garuda itu kira-kira setara Rp14 triliun dengan asumsi nilai tukar rupiah Rp14.000 per dolar AS.

Nah, pada Rabu, 26 Agustus 1992 atau 18 tahun silam, Bisnis Indonesia pernah menurunkan artikel berjudul SIA & KLM Berniat Beli Saham Garuda di Bursa di halaman muka.

Kala itu, Managing Director Singapore Airlines (SIA) Cheong Choong Kong mengatakan tidak tertutup kemungkinan perusahaannya membeli sebagian saham Garuda jika jadi masuk bursa internasional pada 1995.

“SIA mempertimbangkan untuk membeli saham Garuda, tetapi apa benar Garuda akan go public ke bursa internasional?” katanya di Singapura, kala itu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top