Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan memandu kapal semen curah yang akan bersandar di dermaga Packing Plant Banjarmasin yang dikelola PT Semen Indonesia, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (11/12/2018). - Bisnis/Wahyu Darmawan
Premium

Mengintip Strategi Semen Indonesia (SMGR) Manfaatkan Kue Infrastruktur 2021

26 Agustus 2020 | 13:49 WIB
Pandemi Covid-19 memunculkan tekanan tersendiri bagi PT Semen Indonesia Tbk. (SMGR). Namun, perseroan menyatakan, pandemi inin justru akan dijadikan katalis perusahaan untuk bertumbuh.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Semen Indonesia Tbk. akan menyiapkan strategi eksplorasi peluang usaha untuk meningkatkan kinerja perseroan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, yang mengakibatkan penurunan aktivitas infrastruktur.

Apalagi, Presiden Joko Widodo, dalam pidato Nota Keuangan RAPBN 2021, menganggarkan dana Rp414 triliun untuk pembangunan infrastruktur. Presiden mengatakan pembangunan infrastruktur diutamakan untuk pemulihan ekonomi, penyediaan layanan dasar, serta peningkatan konektivitas. 

Rencana anggaran infrastruktur 2021 tersebut turun tipis 1,24 persen dibandingkan dengan periode 2020 sebesar Rp419,2 triliun. Namun, jika dibandingkan dengan 2019 sebesar Rp399,7 triliun, maka ada kenaikan 3,58 persen.

Fokus pemerintah Jokowi pada infratruktur memang menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah perusahaan pelat merah, termasuk BUMN yang melantai dibursa sejak 1991 dengan kode SMGR itu.

Meski saat ini, adanya pandemi Covid-19 sudah merubah situasi pasar secara fundamental. Untuk menjawab tantang itu, SMGR telah menyiapkan strategi dan inovasi baik dari sisi produk dan model bisnis.

Direktur Marketing & Supply Chain SIG Adi Munandir mengatakan pembangunan infrastruktur ikut terdampak pandemi di mana sebagian proyek infrastruktur mengalami perlambatan dan penundaan. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top