Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kapal tanker melaju di Laut China Selatan. - Bloomberg/Qilai Shen
Premium

Seberapa Jauh Saham Buana Lintas Lautan (BULL) Mampu Berlayar di Jalur Bullish?

26 Agustus 2020 | 07:07 WIB
Emiten pelayaran PT Buana Lintas Lautan Tbk. membukukan kinerja finansial dan saham yang sama-sama mengesankan sepanjang tahun berjalan 2020. Berapa lama kinerja ini mampu dipertahankan?

Bisnis.com, JAKARTA — PT Buana Lintas Lautan Tbk. mencatatkan pertumbuhan kinerja fundamental dan harga saham cukup signifikan sepanjang tahun ini. Seberapa jauh prospek bullish emiten berkode saham BULL tersebut?

Sepanjang semester I/2020, emiten operator kapal tanker minyak dan gas itu membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$31,57 juta, meroket 270,72 persen secara year-on-year (yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai US$8,51 juta. 

Pencapaian ini juga melampaui realisasi sepanjang tahun lalu, yang sebesar US$20,99 juta.

Melambungnya net profit didorong oleh bertumbuhnya pendapatan hingga 2 kali lipat, dari US$48,77 juta pada semester I/2019 menjadi US$97,95 juta. Angka ini hampir menyamai pendapatan dalam setahun penuh pada 2019, yang sebesar US$101,45 juta.

Kenaikan kinerja tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satunya pertambahan armada kapal tanker milik perseroan. Selain meningkatkan kapasitas, tambahan armada ini memberikan margin laba yang lebih tinggi karena berukuran besar.

Di luar itu, kinerja perseroan terdorong oleh peningkatan kontribusi dari operasional pasar internasional yang juga memberikan margin lebih tinggi. Terakhir, lonjakan permintaan kapal tanker untuk penyimpanan minyak terapung ikut mengerek tarif sewa rata-rata yang mendorong pendapatan perseroan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top