Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Calon pembeli memilih makanan di salah satu minimarket yang ada di Jakarta, Senin (18/2 - 2019).
Premium

Subsidi Gaji Cair, Angin Segar untuk Emiten Konsumer?

26 Agustus 2020 | 18:44 WIB
Pemerintah telah memastikan, program subsidi gaji akan dapat dilaksanakan mulai 27 Agustus 2020. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan konsumsi masyarakat. Bagaimana dampaknya terhadap emiten sektor konsumer?

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana  pemerintah untuk mengguyur bantuan kepada pekerja yang terdampak Covid-19 dinilai menjadi angin segar bagi emiten sektor consumer goods atau barang konsumsi.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bantuan langsung tunai (BLT) alias subsidi gaji Rp600.000 untuk karyawan gaji di bawah Rp5 juta akan dicairkan  pada esok hari pada Kamis (27/8/2020) untuk tahap pertama. 

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan BLT ini untuk tahapan penyaluran pertama sebanyak 2,5 juta pekerja. Pemerintah telah mengestimasi kebutuhan dana untuk stimulus itu sekitar Rp31,2 triliun. Subsidi Rp600.000 per bulan tersebut akan dikucurkan dalam 4 bulan berturut-turut.

Stimulus yang akan dicairkan dengan skema transfer tunai tersebut dinilai dapat mendorong daya beli masyarakat. Mengingat pengeluaran konsumsi rumah tangga pada Kuartal II/2020 mengalami kontraksi sebesar 5,5 persen. 

Kendati pada perdagangan Rabu (26/8/2020) indeks consumer goods ditutup melemah 0,17 persen atau 3,29 poin dari hari sebelumnya, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan dengan adanya stimulus tersebut diharapkan dampat mendorong konsumsi masyarakat. Otomatis, lanjutnya hal tersebut juga berdampak positif bagi emiten consumer goods.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top