Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi - Pekerja memasang komponen mobil. - Bloomberg / Kerem Uzel
Premium

Historia Bisnis: Astra Gandeng JAIC Bangun Pabrik Rubber Seal

23 Agustus 2020 | 23:35 WIB
Untuk membangun pabrik rubber seal ini dibutuhkan investasi sebesar US$4 Juta. Meski relatif kecil, Astra memutuskan mengambil utang dan menggandeng investor.

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah sukses sebagai mitra manufaktur perusahaan Jepang di Indonesia, grup Astra juga memperkuat bisnis komponen otomotif.

Langkah ini dilakukan untuk memperkuat nilai tambah bisnis dari hulu ke hilir. Salah satu langkah ekspansi ini, Astra menggandeng Japan Asean Investmen Co. Ltd (JAIC) untuk membangun pabrik rubber seal di Indonesia. Diperkirakan dibutuhkan investasi US$4 untuk ekspansi ini.

Bisnis Indonesia edisi 23 Agustus 1989 menurunkan laporan ekspansi pabrik komponen di Astra itu. Dalam tulisan dengan judul 'Astra & JAIC Bangun Pabrik Rubber Seal dengan Nilai US$4 Juta' itu disebukan akta pendirian langsung ditandatangani oleh presiden komisaris Astra Group, William Soerjadjaya.

Pabrik itu diberi nama PT Astra Rubber Seal Industry (ARSI). Pabrik ditempatkan di atas tanah seluas 1,5 hektare di Kawasan Industri Manis, Desa Kadur, Kec. Curug, Kab. Tangerang.

William seusai penandatanganan pendirian ARSI dengan Presdir JAIC Teiji Imara mengemukakan bahwa dari Astra Group diwakili oleh PT Unitrans Pertama, PT Non ferindo dan PT Mitra Pinasthika.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top