Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Candi Borobudur merupakan salah satu kawasan super prioritas pariwisata di Indonesia. - Antara
Lihat Foto
Premium

Konsolidasi BUMN Pariwisata-Transportasi, Ancaman Bagi Emiten Swasta?

Menteri BUMN Erick Thohir meminta delapan perusahaan milik negara seperti Garuda Indonesia Group, Angkasa Pura dan jaringan Inna Hotels & Resorts memperkuat sinergi bisnis. Adakah ruang bagi swasta untuk berebut bisnis?
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com
20 Agustus 2020 | 15:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membentuk klaster khusus pariwisata dan transportasi untuk memperkuat bisnis. Seperti apa peluang swasta di tengah upaya sinergi tersebut?

Penggabungan bisnis milik negara di bidang transportasi dan pariwisata ini mengkhawatirkan persaingan bagi pelaku usaha usaha. Untuk itu, Menteri BUMN Erick Thohir buru-buru menyebut rencana tersebut bukan ditujukan untuk mematikan swasta. Menurutnya, rencana ini justru merupakan bagian untuk memperkuat ekosistem pariwisata di dalam negeri.

“Bukan berarti dengan menggabungkan BUMN [pariwisata dan transportasi], kami ingin membunuh pesaing, seperti Lion Air, hotel-hotel swasta, atau asing. Tetapi, kami ingin bagaimana membentuk ekosistem yang baik,” kata Erick, Selasa, (18/8/2020).

Klaster BUMN pariwisata tersebut akan terdiri dari delapan perusahaan meliputi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA), PT Sarinah (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura (II) Persero, hingga PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC. Erick menyebut klaster ini akan mengulang Himbara atau Himpunan Bank Milik Negara.

Setelah perusahaan-perusahaan pelat merah tersebut saling memperkuat bisnis maka akan tercipta supply chain yang kuat.

“Yang tidak kalah penting, BUMN punya penugasan. Terbukti di masa Covid-19, banyak penugasan bisa jalan karena fundamental dan infrastruktur yang dimiliki BUMN,” katanya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top