Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
 Ilustrasi Sukuk Negara Ritel. - JIBI/Nurul Hidayat
Premium

Alhamdulillah, Lelang Sukuk Negara Cetak Rekor Baru

18 Agustus 2020 | 18:37 WIB
Jumlah penawaran yang masuk masuk dalam lelang sukuk negara, Selasa (18/8/2020) mencetak angka tertinggi sejak 10 Maret 2020 atau sejak wabah virus corona merebak di Indonesia. Hal ini menjadi rekor baru walaupun belum melampaui angka penawaran tertinggi pada Februari 2020.

Bisnis.com,JAKARTA — Kepercayaan diri investor terhadap ekonomi dalam negeri dan perkembangan vaksin Covid-19 membuat instrumen surat berharga syariah negara atau sukuk negara kembali menjadi incaran.

Direktorat Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan hasil lelang surat berharga syariah negara (SBSN) seri surat perbendaharaan negara-syariah (SPN-S) dan project based sukuk (PBS) yang berlangsung Selasa (18/8/2020).

Pemerintah melaporkan seri PBS027 dengan tingkat imbalan 6,50 persen dan jatuh tempo 15 Mei 2023 menjadi incaran utama dalam lelang. Penawaran masuk untuk seri itu mencapai Rp15,815 triliun.

Secara keseluruhan, total penawaran yang masuk dalam lelang senilai Rp49,374 triliun. Total nominal yang dimenangkan pemerintah dari keenam seri yang ditawarkan senilai Rp9,5 triliun.

Head of Research & Market Information Department Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI) Roby Rushandie mengatakan nilai penawaran masuk tersebut menjadi yang tertinggi sejak pandemi. Kenaikan permintaan menurutnya didukung oleh data ekonomi yang baik seperti neraca pembayaran, afirmasi peringkat kredit Indonesia, dan respons terhadap RAPBN 2021.

“Prospek baik dan demand masih berpotensi meningkat,” jelasnya kepada Bisnis, Selasa (18/8/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top