Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha
Premium

Tak Hanya Kresna AM, Ini Daftar Kasus yang Bikin Gonjang-ganjing Industri Reksa Dana Setahun Terakhir

12 Agustus 2020 | 19:00 WIB
Jumlah investor reksa dana hingga Juli 2020 tumbuh 30,5 persen menjadi 2,31 juta orang. Di tengah pertumbuhan jumlah investor, industri reksa dana juga diterpa berbagai kabar miring, terutama soal suspensi produk. Ada apa dengan industri reksa dana?

Bisnis.com, JAKARTA — Industri reksa dana menghadapi ujian berat dalam setahun terakhir. Berbagai kasus suspensi produk reksa dana mewarnai dinamika produk investasi yang mulai digemari masyarakat tersebut. 

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total dana kelolaan atau asset under management reksa dana naik 4,28 persen menjadi Rp503,2 triliun pada Juli 2020. Setelah tiga bulan diterpa aksi jual atau redemption, dana kelolaan bisa kembali ke level Rp500 triliun.

Per Juli 2020, jumlah investor reksa dana mencapai 2,31 juta investor. Angka tersebut naik 30,5 persen dibandingkan dengan Juli 2019. Tentu, baik jumlah investor maupun pertumbuhan jumlah investor bukan angka yang kecil.

Berita tidak sedap datang di awal pekan ini. OJK melansir telah melakukan suspensi produk reksa dana besutan Kresna Asset Management. Tidak tanggung-tanggung, jumlah produk yang disuspensi mencapai 24 atau 2 lusin dengan dana kelolaan yang terdapat di 24 produk itu mencapai Rp2,49 triliun.

Dalam catatan Bisnis, suspensi tersebut daftar manajer investasi yang terkena sanksi dari otoritas sejak akhir tahun lalu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top