Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kris Taenar Wiluan dalam laporan tahunan Citra Tubindo - Dok. Anual Report
Premium

Gurita Bisnis Kris Wiluan, Orang Terkaya Indonesia dalam Kasus Insider Trading di Singapura

10 Agustus 2020 | 19:59 WIB
Otoritas Singapura mendakwa Kris Wiluan dan orang suruhannya mengatur harga KS Energy Limited di bursa saham negara itu.

Bisnis.com, JAKARTA – Kris Taenar Wiluan mendadak populer kembali karena menghadapi dakwaan di Singapura terkait dugaan manipulasi perdagangan saham KS Energy Limited (ticker 578:SG). Seperti apa sepak terjang dan Gurita Bisnis taipan dari Batam ini?

Nama Kris Taenar Wiluan sempat dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Majalah Forbes memasukan Kris yang juga Komisaris Utama PT Citra Tubindo Tbk (CTBN) sebagai orang terkaya ke 35 pada 2007.  Kala itu kekayaan Kris mencapai US$185 juta. Pada 2009, Forbes menggeser posisi Kris pada peringkat 40 dengan total kekayaan yang semakin melonjak dengan taksiran US$240 juta.

Pemeringkatan lain pada 2018, Globe Asia menempatkan Kris sebagai orang terkaya ke 91 di Indonesia. Pemain global dengan bisnis pengeboran dan logistik itu ditaksir memiliki harta US$445 juta.

Kris memulai kariernya sebagai programmer di Inggris setelah merampungkan kuliah pada 1971. Pada 1973 dia melanjutkan karier yang sama di Singapura. Akhirnya pada 1977 ia putar haluan dengan memulai bisnisnya sendiri di bidang penyedia pipa untuk konstruksi migas. Bisnis ini berkembang menjadi Citramas Group.

Merambah bisnis lintas negara, Kris mulai mengakuisisi saham KS Energy Limited, perusahaan penyedia jasa terintegrasi untuk industri migas lepas pantai yang tercatat di Bursa Singapura.

Pada 2006, saham Kris dan keluarganya di perusahaan itu tercatat 29,9 persen. Pada 2011, kepemilikannya meningkat menjadi 40,44 persen. Per akhir tahun lalu, kepemilikan Chris lewat Pacific One Energy Limited mencapai 65,59 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top