Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Saham farmasi terkerek sentimen vaksin virus corona (Bisnis - Dedi Gunawann)
Premium

Mengintip Kinerja Grup Astra, Salim, Sinarmas & Lippo di Tengah Pandemi, Siapa Jawaranya?

10 Agustus 2020 | 07:51 WIB
Emiten dalam konglomerasi Astra, Salim, Sinarmas & Lippo tidak luput dari tekanan Covid-19, namun sejumlah perusahaan mampu membalikkan posisi dan tetap meraup kenaikan laba.

Bisnis.com, JAKARTA – Grup konglomerasi Astra, Salim, Sinarmas dan Lippo mengalami penurunan kinerja pada paruh pertama tahun ini. Kondisi itu sejalan dengan lemahnya perekonomian hingga semester I/2020. Namun, sejumlah emiten konglomerasi tercatat memiliki modal kuat untuk memulihkan kinerja pada paruh kedua.

Di jajaran emiten konglomerasi Grup Astra, terdapat lima perusahaan mengalami pertumbuhan pendapatan. Namun, induh usaha yakni PT Astra International Tbk. (ASII) masih bisa mencetak pertumbuhan laba yang didorong oleh penjualan PT Bank Permata Tbk. (BNLI).

ASII membukukan laba bersih sebesar Rp11,37 triliun pada semester I/2020, tumbuh 16,07 persen secara year on year (yoy). Namun, pendapatan perseroan mengalami penurunan sebesar 22,71 persen hingga semester I/2020.

Penekan kinerja ASII adalah sektor otomotif yang mengalami periode suram pada paruh pertama tahun ini. Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan pemerintah membuat permintaan turun. Meski begitu, penjualan mobil membaik pada akhir kuartal II/2020 seiring pelonggaran. Secara umum kontribusi laba dari lini bisnis sektor otomotif mengalami penurunan cukup tajam, yakni 79 persen yoy menjadi Rp716 miliar.

Sektor penopang lainnya, yakni alat berat, pertambangan, dan konstruksi juga tak banyak menolong. Sektor ini penurunan kontribusi laba bersih sebesar 29 persen secara yoy, dari Rp3,33 triliun menjadi Rp2,36 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top