Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Sejak pembatasn sosial berskala besar diterapkan, kinerja emiten ritel terhuyung. Laporan keuangan per 30 Juni 2020 menunjukkan pendapatan mayoritas emiten tertekan.  Bisnis - Arief Hermawan P
Premium

Janji Subsidi dan Belanja Terus Sampai Mati

07 Agustus 2020 | 05:00 WIB
Pemerintah berniat memberikan bantuan kepada jutaan pekerja berpenghasilan di bawah Rp5 juta untuk mendongkrak konsumsi. Janji subsidi ini disambut happy karena diyakini bisa mengurangi dampak langsung pandemi. Sejumlah saham emiten peritel pun melonjak.

Bisnis.com, JAKARTA – Badai pasti berlalu. Sebuah ungkapan lawas untuk menunjukkan, kesulitan pasti akan berakhir. Belanja sampai mati. Ungkapan zaman milenium yang menggambarkan tingkat konsumsi yang tidak pernah surut.

Tidak ada kaitan khusus antara Badai Pasti Berlalu dengan Belanja Sampai Mati. Pagebluk virus corona (Covid-19) menautkan kedua ungkapan yang sama-sama dinukil dari judul lagu.

Sudah lima bulan berlalu sejak pandemi virus corona (Covid-19) menerpa Tanah Air. Berbagai kebijakan untuk membendung penyebaran virus membuat kegiatan ekonomi tersengal-sengal.

Tengok data terbaru yang diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) dua hari lalu. Produk domestik bruto (PDB) mengalami kontraksi minus 5,32 persen. Konsumsi, salah satu pilar PDB Indonesia juga minus 5,5 persen.

Angka-angka tersebut tentu tidak mengherankan jika melihat pusat perbelanjaan tutup, jalan tol hampir kosong melompong,  dan Bandara Soekarno Hatta serupa pekuburan Karet Bivak. Sepi.

Di lantai bursa, rapor emiten menjadi merah. Jangankan mencatat pertumbuhan laba, mempertahankan pendapatan pun sulit. Bisnis menghimpun kinerja 16 emiten di sektor ritel hingga Juni 2020. Hasilnya, hanya 5 emiten yang mencatat pertumbuhan. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top