Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Uang tunai menjadi sangat berarti karena likuid dan mudah dikelola atau dipindahtangankan. Bagi perusahaan, uang tunai ini juga bisa menunjukkan kemampuan sebuah entitas usaha dalam bertahan hidup dan mengarungi bahtera bisnis. (Bisnis - Arief Hermawan)
Premium

Emiten Sehat Berkat Free Cash Flow Jumbo? Ini Daftar Sahamnya

04 Agustus 2020 | 23:43 WIB
Free cash flow (FCF) atau arus kas bebas adalah arus kas operasional yang tersisa setelah emiten atau manajemen perusahaan menyisihkan uangnya untuk investasi aset tetap atau modal kerja (capital expenditure) demi kelangsungan usaha.

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah negara hingga kawasan terjerembab dalam resesi ekonomi akibat pandemi virus corona atau Covid-19 yang hingga Senin (3/8/2020) sudah mencapai 18,43 juta kasus positif dan menewaskan 696.794 jiwa di seluruh dunia.

Uni Eropa kini masuk dalam jurang resesi setelah laju ekonomi pada kuartal II/2020 terkontraksi hingga 11,9 persen, dari sebelumnya yang juga terkontraksi atau minus 3,2 persen.

Sebelumnya, AS atau Negeri Paman Sam, Singapura, Korea Selatan, dan Hong Kong juga sudah terlebih dahulu jatuh dalam setelah laju ekonominya dalam dua kuartal terakhir dan secara berturut-turut terkontraksi atau minus.

Indonesia pun tak luput dari ancaman hantu resesi. Apalagi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah mewanti-wanti laju ekonomi kuartal II/2020 bisa terkontraksi atau minus hingga 4,3 persen (minus 5,08 persen hingga minus 3,54 persen). Adapun pada kuartal III/2020, laju ekonomi diproyeksikan berkisar minus 1 persen hingga 1,2 persen (positif).

Di tengah bayang-bayang resesi itu, apa yang dapat dilakukan oleh masyarakat? Di setiap krisis, baik pada periode 1997—1998, 2008, dan 2015 pemeo Profit is Queen, Cash is King selalu muncul. Tak ketinggalan dalam krisis 2020 akibat si ‘coro’ (kecoak dalam bahasa Jawa).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bahkan sudah menyatakan hal itu pada awal-awal merebaknya Covid-19 di Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top