Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas,  Jakarta, Rabu (15/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

Setelah Lapkeu Kuartal II/2020 Tiba, Apa yang Harus Dilakukan Investor Saham?

27 Juli 2020 | 06:14 WIB
Setelah laporan keuangan kuarta II/2020 terbit, investor dapat melakukan penyesuaian investasi saham dengan sejumlah pertimbangan fundamental.

Bisnis.com, JAKARTA – Laporan keuangan kuartal II/2020 emiten tercatat di Bursa Efek Indonesia harus sudah dilaporkan paling lambat akhir pekan ini, per 30 Juli 2020.

Laporan keuangan ini akan mengubah posisi investor atau rebalancing portofolio dalam proyeksi jangka panjang. Pasalnya dampak Covid-19 mulai memberikan horor yang lebih nyata bagi sejumlah emiten.

Beberapa di antaranya mengalami permasalah dari sisi operasional akibat PSBB hingga permintaan masyarakat yang menurun. Hal tersebut, diperkirakan juga akan memengaruhi kinerja keuangan emiten.

Kondisi ini agak berbeda dengan kondisi kuartal I/2020. Saat itu meski penuh ketidakpastian namun sebanyak 70,73 dari 475 emiten masih mencatatkan laba. Emiten di sektor industri dasar dan konsumer bahkan mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja, meski begitu secara keseluruhan 58,73 persen di antaranya tercatat mengalami penurunan kinerja.

Sedangkan memasuki laporan keuangan kuartal II/2020, sejumlah emiten kelas kakap memproyeksikan penurunan kinerja yang lebih dalam pada kuartal II/2020 tak akan terelakkan. Beberapa emiten bahkan memperkirakan laba bersih dapat terkoreksi hingga 75 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top