Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Persoalan Jouska yang merugikan sejumlah kliennya membuat Satuan Waspada Investasi turun tangan. (flickr)
Premium

Di Balik Kerugian Klien, Ada Afiliasi Jouska dengan Bandar?

24 Juli 2020 | 05:00 WIB
Nama sekuritas yang membantu IPO saham Sentral Mitra (LUCK) turut terseret penyedia layanan perencanaan keuangan rangkap itu

Bisnis.com, JAKARTA— Jouska, penyedia jasa perencana keuangan yang diadukan oleh kliennya kini mendapatkan sorotan lain berupa keterkaitannya dalam menawarkan saham PT Sentral Mitra Informatika Tbk. (LUCK). Sejumlah klien Jouska mengadukan penyedia jasa perencana keuangan itu akibat menderita kerugian puluhan juta atas transaksi yang tak diketahui. Adapun, berawal dari pencerahan aspek pengelolaan keuangan, beberapa kliennya justru harus menerima kerugian.

Adapun, beberapa klien Jouska diketahui mendapatkan undangan pemaparan ketika PT Sentral Mitra Informatika Tbk. ingin melaksanakan penawaran umum saham perdana atau IPO.

Akun @yakobus_alvin, salah satu bekas klien Jouska, membeberkan bahwa perseroan mengadakan pertemuan investor. Menurutnya rata-rata dari tamu yang hadir adalah klien Jouska karena berelasi dengan perusahaan jasa keuangan itu.

Menurut Yakobus, usai pertemuan Jouska mendorong para klien untuk menanamkan dana di emiten anyar tersebut. “Ya dan sesuai dugaan 70 persen dana tabungan saya dimasukkan ke saham IPO yang bahkan laporan keuangan belum jelas,” cuitnya di Twitter pada Selasa malam (21/7/2020).

Yakobus menambahkan jika klien tidak bisa melakukan kontrol terhadap portofolio karena sepenuhnya dikendalikan Jouska dan Amartha Investa sebagai pihak ketiga.

Sementara itu, Founder dan CEO PT Jouska Finansial Indonesia Aakar Abyasa Fidzuno membantah pihaknya mengelola dana klien. Dia menyebut, klien memiliki akses penuh terhadap aktivitas akun. Setiap dana investasi juga dikirimkan ke rekening dana investor (RDI) atas nama pribadi dan bukan ke rekening perusahaan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top