Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pernah diteror bom, kini Plaza Atrium Senen yang dikelola oleh PT Cowell Development Tbk. (COWL) harus menghadapi kepailitan. (laman Plaza Atrium)
Premium

Pengelola Plaza Atrium Senen, Cowell Development (COWL): Dulu Kena Teror Bom, Kini Hadapi Kepailitan

20 Juli 2020 | 12:00 WIB
Setelah diputus pailit, nasib para kreditur, penyicil properti hingga investornya menjadi pertanyaan. Bagaimana nasib mereka berikutnya?

Bisnis.com, JAKARTA— PT Cowell Development Tbk. (COWL), emiten di balik Plaza Atrium Senen harus melepas jerat kepailitan setelah memiliki riwayat terror bom.

Plaza Atrium Senen, Jakarta bukanlah nama yang asing di telinga. Namun, nasibnya kini nahas karena harus menghadapi kepailitan. Kenahasan mal yang sempat diresmikan Gubernur DKI Wiyogo Atmodarminto pada 1992 itu ternyata datang di tengah pandemi virus corona yang entah kapan bisa usai.

Setelah diresmikan, mal yang ditujukan bagi turis yang melancong ke Kota Tua dan sekitarnya itu sempat mendapatkan gelar sebagai mal terpanjang di Asia Tenggara. Pertumbuhan kawasan di kala itu juga membawa Cowell Development melirik mal yang pernah menjadi sasaran terror bom.

Singkat cerita, pada 1998 dan 2001 menjadi tahun kelam bagi Plaza Atrium. Pasalnya, pada saat itu mal tersebut harus menjadi sasaran teror bom. Adanya korban dan kerusakan material pun akhirnya mendorong manajemen untuk menutup mal untuk sementara.

Lalu, bagaimana dengan nasibnya kini?

Cowell mungkin tak menyangka bahwa bisnisnya pada 2020 akan menghadapi hantaman berupa kepailitan. Tercatat di Bursa sejak 2007, perusahaan memborong 98,9 persen saham PT Plaza Adika Lestari (PAL), pengelola Plaza Atrium Senen pada 2012 senilai Rp898,5 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top