Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Logo Jio Platform di sebuah pameran digital di India.  - Bloomberg.
Premium

Jio Platform Sang Alibaba Baru dari India

17 Juli 2020 | 08:21 WIB
Jio Platform berhasil menjelma sebagai perusahaan digital dengan kecepatan penghimpunan dana yang tinggi selama pandemi Covid-19. Tak kurang dari US$20 miliar suntikan dana didapatkannya sepanjang tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA –Di tengah memanasnya hubungan di sektor digital antar China dan Amerika Serikat, tiba-tiba India datang dan mencuri perhatian di industri tersebut melalui kehadiran Jio Platform.

Bagaimana tidak, hanya dalam waktu kurang dari satu tahun, Jio Platform berhasil muncul sebagai raksasa baru di industri digital global. Seperti dikutip dari Forbes, Kamis (16/7/2020), perusahaan tersebut baru didirikan pada November 2019.

Jio Platform merupakan sebuah perusahaan spin-off dari korporasi multinasional raksasa India yakni Reliances Industries Ltd. Adapun Reliances Industries merupakan perusahaan yang dipimpin konglomerat India yakni Mukesh Ambani dengan kekayaan yang diperkirakan menembus US$71,4 miliar.

Kehadiran Jio Platform pada awalnya dijadikan oleh Ambani sebagai lini usaha baru dan spesifik di sektor digital. Pasalnya, Reliances Industries Ltd, telah lebih dulu berhasil memiliki bisnis lain seperti energi, petrokimia, tekstil dan sumber daya alam.

Namun dalam perjalanannya sejak 2019, Jio Platform dinilai berhasil mereplikasi strategi yang dilakukan oleh Alibaba di China. Perusahaan tersebut berupaya memenuhi seluruh kebutuhan digital masyarakat India yang berjumlah 1,3 miliar orang dalam satu platform. Langkah itu pun tergolong berhasil.

Jio Platform pada awalnya dibentuk oleh Ambani dengan tujuan supaya bisnis operator jaringan selular milik Reliances Industries bisa lebih fokus dalam berkembang. Reliances Industries bahkan rela menggelontorkan dana sebesar US$15 miliar ke Jio Platform, dengan imbalan kepemilikan saham atas entitas baru tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top