Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan melintas di depan logo PT Astra International Tbk. - Bloomberg / Dimas Ardian
Premium

Kas Jumbo Astra (ASII) Borong Asuransi Jiwa, Selanjutnya Apa?

16 Juli 2020 | 11:31 WIB
PT Astra International Tbk. (ASII) memiliki kas jumbo yang memberi perusahaan keleluasaan mencaplok bisnis strategis. Apa saja incarannya?

Bisnis.com, JAKARTA – PT Astra International Tbk. (ASII) memastikan akan membelanjakan sebagian uang hasil penjualan Bank Permata (BNLI) untuk mengakuisisi Astra Aviva Life.

Laporan keuangan Astra per Maret 2020 mencatat kas dan setara kas perusahaan mencapai Rp29,21 triliun. Meningkat dibandingkan periode akhir tahun sebesar Rp24,33 triliun.

Sedangkan pada Mei 2020 lalu, perusahaan mengumumkan merampungkan proses penjualan 44,56 saham di Bank Permata ke Bangkok Bank. Dari transaksi tersebut, perseroan akan mendapatkan tambahan dana segar Rp16,38 triliun dari nilai transaksi final Rp33,28 triliun.

Nilai jual final ini turun dari pengumuman awal Rp37,43 triliun. Pengumuman perusahaan, penurunan harga jual seiring negoisasi ulang akibat dampak pandemi Covid-19.

Tumpukan sebagian uang tunai ini sudah mulai disiapkan penggunaannya oleh perusahaan. Salah satunya adalah menjadi pemilik penuh Astra Aviva Life. Perusahaan asuransi yang didirikan pada 2014 dengan bermitra dengan Aviva dari Inggris. Kepemilikan dua konglomerasi itu saat ini berada pada posisi sama besar yakni masing-masing 50 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top