Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Mulai dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. hingga PT Krakatau Steel Tbk. (KRAS), BUMN Sowan ke Senayan. (Bloomberg - Brent Lewin)
Premium

Garuda Indonesia (GIAA) hingga Krakatau Steel (KRAS), BUMN Sowan ke Senayan Berharap Dana Pemerintah?

15 Juli 2020 | 11:30 WIB
Program pemulihan ekonomi nasional (PEN) tak hanya diharapkan oleh BUMN yang terdampak pandemi. Ternyata ada BUMN yang tak masuk dalam penerima program itu malah turut antre. Kok bisa ya?

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Garuda Indonesia hingga Krakatau Steel ramai-ramai sowan ke Senayan. Apa ya penyebabnya?

Hikayat perusahaan pelat merah yang terlilit utang kepada negara menjadi alarm bagi sejumlah BUMN yang tengah mengajukan permohonan dana talangan kepada pemerintah.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Krakatau Steel (Persero) menjadi dua dari lima BUMN yang akan mendapatkan dukungan pemerintah dalam bentuk modal talangan. Pemberian dukungan merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kedua emiten itu akan mendapatkan dana talangan masing-masing sebesar Rp8,5 triliun dan Rp3 triliun. Pemberian dana melibatkan investasi non permanen pemerintah pada special mission vehicle (SMV) Kementerian Keuangan.

Program yang masih terus digodok tersebut tengah berada dalam fase pencarian dukungan politis ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Garuda dan Krakatau Steel, bersama 10 perusahaan pelat merah lainnya silih berganti sowan ke Senayan.

Pada Selasa (14/7/2020), giliran Garuda Indonesia yang menghadap Komisi VI DPR RI. Perseroan menjelaskan ihwal permohonan dana talangan kepada pemerintah, beserta skema yang diajukan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top