Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
PT Bentoel Internasional Investama Tbk. (RMBA) harus menghadapi tantangan berupa pandemi virus corona dan penerapan cukai rokok pada tahun ini. (Bloomberg)
Premium

Awan Mendung Cukai dan Pandemi Mengadang Prospek PT Bentoel International (RMBA)

14 Juli 2020 | 16:45 WIB
Belum lama Bentoel mengecap laba, awan mendung dari penerapan cukai dan pandemi menghalangi prospek perusahaan. Kok bisa ya?

Bisnis.com, JAKARTA – Keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengeluarkan PMK Nomor 77/PMK.01.2020 tentang Rencana Strategis Keuangan 2020 menjadi perhatian tersendiri bagi perusahaan-perusahaan rokok. Dalam beleid tersebut diputuskan bahwa cukai rokok akan terus ditingkatkan sepanjang 2020-2024, guna mengejar agenda pembangunan dan memperkuat ketahanan ekonomi.

Di antara barisan perusahaan rokok yang gamang itu, salah satunya adalah PT Bentoel International Investama Tbk. (RMBA).

Perusahaan yang kini sahamnya dikuasai British American Tobacco (BAT) tersebut baru saja mencatatkan kinerja mengkhawatirkan. Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan di laman BEI Senin (15/6), pada kuartal I/2020 mereka mencatatkan rugi bersih senilai Rp43,29 miliar.

Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy), kerugian Bentoel memang berkurang sekitar 48,02 persen yakni dari Rp70,61 miliar. Namun, rugi tetap saja rugi.

Rapor tersebut kembali mencoreng capaian Bentoel yang sempat dua kali beruntun mencatatkan untung senilai Rp11,52 miliar pada kuartal III/2020 dan Rp50,61 miliar pada kuartal IV/2020.

Rapor ini juga seolah mengembalikan Bentoel ke kinerja tahunan yang merugi tujuh tahun beruntun dari 2012 hingga 2018.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top