Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Beberapa anggota Keluarga Eka Tjipta Widjaja harus menghadapi gugatan akibat warisan berupa aset beberapa perusahaan di Grup Sinarmas. (Tjiwi Kimia)
Premium

Begini Kinerja Emiten Sinarmas, Warisan yang Diperebutkan Keluarga Eka Widjaja

14 Juli 2020 | 12:30 WIB
Setidaknya terdapat enam dari 11 emiten di bawah Grup Konglomerasi Sinarmas. Bagaimana ya kinerjanya sampai jadi warisan rebutan keluarga?

Bisnis.com, JAKARTA— Pandemi virus corona mungkin menjadi tantangan tersendiri di kalangan emiten, tak terkecuali emiten di bawah Grup Sinarmas yang memiliki afiliasi dengan keluarga mendiang Eka Tjipta Widjaja. Simak ulasan beberapa emiten yang sempat digugat salah satu anggota keluarga tersebut.

Mendiang Eka Tjipta Widjaja merupakan salah satu taipan di Tanah Air yang sempat masuk ke jajaran orang terkaya dunia versi Majalah Forbes pada 2018 dengan kekayaan US$8,6 miliar. Kendati kini tak lagi masuk deretan miliarder dunia, kerajaan bisnisnya tersebar mulai dari sektor perkebunan sawit, tambang batu bara, pabrik kertas, jasa keuangan, properti hingga telekomunikasi.

Pada 1994, Bisnis mencatat bahwa Eka telah meninggalkan manajemen kerajaan bisnis yang dibangunnya itu dan mempersiapkan keluarganya agar meneruskan pengelolaan perusahaan. Manajemen Sinar Mas Group tetap akan dipegang keluarga Eka Tjipta. Anak-anaknya sudah lama dipersiapkan untuk melanjutkan kerajaan bisnisnya.

Menurut catatan Bisnis saat itu, ada enam orang generasi penerus Eka Tjipta yang siap melanjutkan kegiatan perusahaan. Mereka adalah Indra Widjaja, Teguh Ganda Widjaja, Djafar Widjaja, Oesman Widjaja, Sukmawati Widjaja, dan Muktar Widjaja.

Salah satu emiten Grup Sinarmas yang kini berada di jajaran saham berkapitalisasi pasar paling jumbo di Bursa juga melibatkan anggota keluarga Eka Tjipta. Sebagai contoh PT Sinar Mas Multiartha Tbk. (SMMA).

Pada perusahaan pembiayaan itu, Grup Sinar Mas menjadi pemilik saham mayoritas SMMA dengan porsi 51,12 persen melalui Sinarmas Cakrawala, PT Asuransi Simas Jiwa dengan porsi 9,86 persen, Sinar Mas Cakrawala dengan porsi 7,77 persen dan Indra Widjaja memegang 0,03 persen posi saham.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top